Kamis, 08 November 2007

Pernikahan adalah seperti Sekolah - Cinta

Bertahun-tahun yang lalu, saya berdoa kepada Tuhan untuk memberikansaya pasangan, "Engkau tidak memiliki pasangan karena engkau tidakmemintanya", Tuhan menjawab.Tidak hanya saya meminta kepada Tuhan,seraya menjelaskan kriteriapasangan yang saya inginkan. Saya menginginkan pasangan yang baikhati,lembut, mudah mengampuni, hangat, jujur, penuh dengan damai dansukacita, murah hati, penuh pengertian, pintar, humoris,penuhperhatian. Saya bahkan memberikan kriteria pasangan tersebutsecara fisik yang selama ini saya impikan.Sejalan dengan berlalunya waktu,saya menambahkan daftar kriteria yangsaya inginkan dalam pasangan saya. Suatu malam, dalam doa, Tuhanberkata dalam hati saya, "HambaKu, Aku tidak dapat memberikan apa yangengkau inginkan."Saya bertanya, "Mengapa Tuhan?" dan Ia! menjawab, "Karena Aku adalahTuhan dan Aku adalah Adil. Aku adalah Kebenaran dan segala yang Akulakukan adalah benar."Aku bertanya lagi, "Tuhan, aku tidak mengerti mengapa aku tidak dapatmemperoleh apa yang aku pinta dariMu?"Jawab Tuhan, "Aku akan menjelaskan kepadamu. Adalah suatuketidakadilan dan ketidakbenaran bagiKu untuk memenuhi keinginanmukarena Aku tidak dapat memberikan sesuatu yang bukan seperti engkau.Tidaklah adil bagiKu untukmemberikan seseorang yang penuh dengan cintadan kasih kepadamu jika terkadang engkau masih kasar; atau memberikanseseorang yang pemurah tetapi engkau masih kejam; atau seseorang yangmudah mengampuni, tetapi engkau sendiri masih suka menyimpan dendam;seseorang yang sensitif, namun engkau sendiri tidak..."Kemudian Ia berkata kepada saya, "Adalah lebih baik jika Akumemberikan kepadamu seseorang yang Aku tahu dapat menumbuhkan segalakualitas yang engkau cari selama ini daripada membuat engkau membuangwaktu mencari seseorang yang sudah mempunyai semua itu. Pasanganmuakan berasal dari tulangmu dan dagingmu, dan engkau akan melihatdirimu sendiri di dalam dirinya dan kalian berdua akan menjadi satu.Pernikahan adalah seperti sekolah, suatu pendidikan jangka panjang.Pernikahan adalah tempat dimana engkau dan pasanganmu akan salingmenyesuaikan diri dan tidak hanya bertujuan untuk menyenangkan hatisatu sama lain, tetapi untuk menjadikan kalian manusia yang lebihbaik, dan membuat suatu kerjasama yang solid. Aku tidak memberikanpasangan yang sempurna karena engkau tidak sempurna. Aku memberikanmuseseorang yang dapat bertumbuh bersamamu".Ini untuk : yang baru saja menikah, yang sudah menikah, yang akanmenikah dan yang sedang mencari, khususnya yang sedang mencari.J I K A........Jika kamu memancing ikan.....Setelah ikan itu terikat di mata kail, hendaklah kamu mengambil Ikanitu.....Janganlah sesekali kamu lepaskan ia semula ke dalam air begitu saja....Karena ia akan sakit oleh karena bisanya ketajaman mata kailmu danmungkin ia akan menderita selagi ia masih hidup.Begitulah juga setelah kamu memberi banyak pengharapan kepadaseseorang... .Setelah ia mulai menyayangimu hendaklah kamu menjaga hatinya.....Janganlah sesekali kamu meninggalkannya begitu saja......Karena ia akan terluka oleh kenangan bersamamu dan mungkin tidak dapatmelupakan segalanya selagi dia mengingat... ..Jika kamu menadah air biarlah berpada, jangan terlalu mengharap padatakungannya dan janganlah menganggap ia begitu teguh......cukuplahsekadar keperluanmu. ......Apabila sekali ia retak tentu sukar untuk kamu menambalnya semula......Akhirnya ia dibuang..... .Sedangkan jika kamu coba memperbaikinya mungkin ia masih dapatdipergunakan lagi.....Begitu juga jika kamumemiliki seseorang, terimalah seadanya.... .Janganlah kamu terlalu mengaguminya dan janganlah kamu menganggapnyaBegitu istimewa.... .Anggaplah ia manusia biasa.Apabila sekali ia melakukan kesilapan bukan mudah bagi kamu untukmenerimanya. Akhirnya kamu kecewa dan meninggalkannya.Sedangkan jika kamu memaafkannya boleh jadi hubungan kamu akan terusHingga ke akhirnya.... .Jika kamu telah memiliki sepinggan nasi yang pasti baik untuk dirimu.Mengenyangkan. Berkhasiat. Mengapa kamu berlengah, coba mencarimakanan yang lain....Terlalu ingin mengejar kelezatan. Kelak, nasi itu akan basi dan kamutidak boleh memakannya. kamu akan menyesal.Begitu juga jika kamu telah bertemu dengan seorang insan yang membawakebaikan kepada dirimu. Menyayangimu. Mengasihimu. Mengapa kamuberlengah, coba bandingkannya dengan yang lain. Terlalu mengejarkesempurnaan. Kelak, kamu akan kehilangannya; apabila dia menjadimilik orang Lain kamu juga akan menyesal.

Tidak ada komentar: